Sabtu, 30 Oktober 2010

Riset Pemasaran

Riset Pemasaran (Marketing Research)
Adalah suatu pendekatan yang ditempuh secara sistematis dan objektif untuk mendapatkan data/ informasi yang akan digunakan untuk proses pengambilan keputusan bidang pemasaran ( Kotler, Kinear, Taylor).

Elemen Penting Riset Pemasaran
•Merupakan kegiatan yang sistematis, tercermin dalam tahap perencanaan, pengumpulan, analisis & pelaporan.
•Bersifat objektif, tidak bias
•Merupakan penerapan metoda ilmiah dalam pemasaran

Faktor Pendorong Munculnya Kebutuhan Riset Pemasaran
•Perluasan jangkauan pasar
•Peralihan orientasi dari Need Pembeli ke Want Pembeli
•Peralihan dari Persaingan Harga ke Persaingan Non Harga

PROSES RISET PEMASARAN

ANALISIS PELUANG




  • Analisis peluang melakukan riset potensi pasar, riset perilaku konsumen dan riset Benchmark industri.
  • Penentuan target melakukan riset segmentasi dan penentuan target pasar
  • Perancangan Strategi melakukan Riset Penentuan Keunggulan Perusahaan, Riset Perumusan Positioning, Riset Pengembangan dan Pengujian Produk, Riset Pengukuran Daur Hidup Produk & Pemilihan Strategi yang Tepat serta Riset Pengukuran Market Share & Pemilihan Strategi yang Tepat.
Kesimpulan yang bisa saya dapat bahwa riset pemasaran membantu dalam proses pengambilan keputusan, preferensi, perilaku dan kepuasan konsumen yang menjadi sasaran setiap perusahaan yang ingin unggul dalam persaingan dengan perusahaan lain.
Demikianlah Riset Pemasaran berperan sebagai dasar penyusunan strategi dan taktik pemasaran, dimana harus didukung dengan data yang akurat, relevan, terpercaya, obyektif dan tepat waktu, sehingga manajemen perusahaan dapat merencanakan dan melaksanakan dengan baik berbagai aspek pemasaran, seperti pengembangan produk dan merk, penentuan harga, pendistribusian produk dan komunikasi pemasaran terintegrasi.


SUMBER : file.upi.edu/...%20PEMASARAN%20WISATA/.../Riset%20Pemasaran/Riset%20Pemasaran.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar