Jumat, 11 Maret 2011

Topik PI ku BI2 softskill 2011

ANALISA LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

BAB I
PENDAHULUAN
1.1             Latar Belakang Masalah


Di era globalisasi seperti sekarang ini, komunikasi sangatlah penting bagi masyarakat. Komunikasi menjadi salah satu penghubung antar individu untuk menyampaikan berita penting hal baik pribadi maupun hal yang umum. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, ditemukanlah alat komunikasi jarak jauh yang sampai sekarang ini digunakan oleh masyarakat luas yaitu telepon. Telepon dibagi menjadi dua jenis, yaitu telepon yang menggunakan kabel dan telepon nirkabel (tanpa kabel). Telepon nirakbel ini sering disebut telepon seluler. Telepon selular (ponsel) disebut pula adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless). Masyarakat luas lebih banyak menggunakan telepon seluler karena mudah dibawa kemana saja dan mempunyai banyak fasilitas yang dapat digunakan selain untuk telepon. Saat ini di Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu sistem GSM (Global System for Mobile Telecomunications) dan sistem CDMA (Code Division Multiple Access).
Sebelum ada sistem CDMA, sistem telepon seluler berbasis GSM yang digunakan oleh masyarakat. Sistem GSM mulai diproduksi di era 1980-an. GSM beroperasi pada 900-1800 MHz di Eropa dan India, sedangkan di AS sekitar 1900 MHz. Kelebihan dari sistem GSM yaitu kualitas relatif aman dan baik serta penyedia layanan lebih beragam. Hal tersebut yang membuat pengguna telepon seluler banyak memilih telepon dengan sistem berbasis GSM. Perusahaan – perusahaan telah banyak memproduksi telepon seluler dengan sistem GSM, sehingga tidak susah untuk memiliki telepon seluler.
Pengguna GSM menggunakan kartu SIM untuk bisa terhubung ke penyedia layanan. Kartu SIM adalah memori removable kecil yang dapat menampung semua data dari nomor identifikasi atau kebutuhan untuk mengakses layanan operator tertentu nirkabel.
Banyak perusahaan bersaing untuk menjadikan telepon seluler maupun produk kartu sim menjadi peluang bisnis yang sangat besar. Salah satu perusahaan yang memproduksi kartu sim adalah PT Indosat tbk. PT Indosat tbk. adalah perusahaan provider telepon seluler berbasis GSM. Peruahaan ini mengeluarkan dua produk provider kartu sim GSM yaitu, IM3 dan Mentari. Mentari merupakan produk yang pertama kali dikeluarkan oleh perusahaan ini. Kemudian perusahaan ini mengeluarkan produk kedua dengan fasilitas yang berbeda dengan produk sebelumnya dengan alasan strategi pemasaran agar produknya dapat bersaing dengan perusahaan lain. Produk itu yaitu IM3. Dengan motto “no limit” pengguna telepon seluler tertarik dan puas setelah menggunakan produk ini.
Jadi, untuk mengetahui sejauh mana perusahaan dapat menarik minat konsumen dam mempertahankan konsumennya, penulis tertarik untuk menjadikan sebagai topik pemilihan judul penulisan ilmiah ini sebagai berikut : “ ANALISIS LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN  PRODUK IM3”.
1.2             Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas maka perumusan masalah yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah :
1.     Adakah kaitan kepuasan dengan loyalitas konsumen?
2.     Bagaimana keputusan konsumen untuk tetap menggunakan produk IM3?
1.3             Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui loyalitas konsumen terhadap produk IM3.
1.4             Manfaat Penelitian
1.     Bagi penulis, dapat mengetahui analisis loyalitas konsumen terhadap produk IM3.
2.     Bagi fakultas, dapat digunakan untuk referensi bagi yang melakukan penelitian sejenis.
3.     Bagi perusahaan, untuk dapat mengetahui konsumen yang menggunakan produknya sampai saat ini. Dan melakukan strategi untuk memuaskan konsumen. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar